Halaman Tentang Sebuah Catatan Hati

on Rabu, Juli 15, 2009

Inilah sebuah halaman, yang penuh dengan hamparan biru tanpa batas, sebuah imajinasi tanpa tepi, sebuah ruang tanpa pintu dan tanpa jendela..............

Buatku, sebuah halaman dapat berarti sebuah perjalanan hidup, sebuah masa yang telah menuntunku dari kelahiranku sampai kini. Halaman itu tempat aku bermain, tempatku mengekspresikan hidup, tempatku belajar tentang banyak hal. Halaman adalah sebuah ruang dan waktu.
Halaman sebuah ruang yang harus dirawat dan diisi, karena setiap proses perubahan waktu, disetiap itu pula ada proses belajar....buatku "hidup adalah proses belajar tanpa henti". Terkadang hidup seperti perjalanan yang sulit kita duga, harapan dan kenyataan sering sekali datang disaat yang sama, disuatu situasi yang sama pula, bahkan tidak jarang disaat yang tidak kita inginkan. Tapi apakah kita punya kekuatan untuk mengatur berjalannya waktu? ternyata kita memang tak akan pernah mampu, karena apa, tidak lain karena hidup kita sudah ada yang mengatur.
Namun, apakah kita harus hidup dalam diam tanpa bergerak karena telah ada Zat yang mengatur ? Ini juga sebuah kebodohan jika kita berlaku demikian. Hidup tetap kita usahakan, kesalahan tetap akan datang, karena kesalahan adalah sesuatu hal yang melekat pada kita. Tapi yang terpenting justru bukan bertanya tentang mengapa terjadi kesalahan ? justru yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi sebuah kesalahan, merenungkan sebuah kekeliruan dengan mengoreksi dan instropeksi. Inilah proses belajar itu.
Jadi akan terasa aneh jika kita sering mendengar orang sering sekali tidak menerima perjalanan hidupnya yang mungkin banyak masalah dan penderitaan. Hakikatnya hidup adalah bagaimana manusia terus menerus bersikap mau dan ikhlas untuk terus menerus belajar dari setiap kesalahan dan peristiwa, karena setiap kesalahan dan setiap peristiwa akan memberikan hikmah yang justru memberikan pencerahan pada hidup di masa yang akan datang.
Demikianlah, halaman ini akan memberikan sedikit tentang hal-hal tersebut, ada juga puisi yang saya cantumkan dalam halaman ini, sebagai bagian dari proses memberikan kekayaan pada khazanah kita.
Mungkin banyak hal yang serba kurang indah pada halaman yang biru ini, tapi sayapun akan bersikap untuk terus memperbaikinya agar selalu lebih indah dan rapi dari hari ke hari.
Semoga Anda merasa selalu nyaman berada di halaman istana saya ini.
Semoga !

0 komentar: